Syarat Administrasi

Mahasiswa yang layak untuk mengambil mata kuliah tugas akhir adalah mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan berikut:

  • Mahasiswa telah lulus mata kuliah 120 SKS, dengan IPK = 2,0
  • Terdaftar sebagai mahasiswa aktif dan mengisi KRS pada semesternya.
  • Mata kuliah Tugas akhir dapat diambil bersamaan dengan mata kuliah Penelitian
  • Mengambil mata kuliah Perancangan Pabrik Kimia bersamaan dengan mata kuliah Tugas Akhir
  • Dievaluasi setiap semester, apabila dalam satu semester tidak selesai, maka mahasiswa wajib mengisi KRS lagi untuk semester berikutnya (wajib mendaftar ulang tugas akhir ke Koordinator).

Prosedur

  1. Mahasiswa mendaftar ke Koordinator Tugas akhir dengan mengisi form TA-01
  2. Koordinator tugas akhir mengumumkan Judul dan dosen pembimbing. Judul dihimpun dari usulan para dosen pembimbing. Mahasiswa diperbolehkan mengajukan judul sendiri dengan persetujuan koordinator.
  3. Setelah mendapatkan pembimbing, mahasiswa mulai aktif bimbingan Tugas akhir dengan jadwal yang diatur.
  4. Evaluasi kemajuan Tugas akhir dilakukan oleh dosen pembimbing berdasarkan daftar pembicaraan dan dilaporkan kepada Koordinator Tugas Akhir setiap akhir semester/setiap periode sidang dengan mengisi form TA-02.
  5. Apabila sudah selesai Tugas akhir, maka mahasiswa akan mendapatkan jadwal dari Koordinator untuk Prasidang, yang selanjutnya Koordinator akan memberikan surat Layak Sidang.
  6. Apabila setelah satu semester, mahasiswa tidak cocok dengan rekan kerjanya dan mengudurkan diri dari kelompoknya, maka judul yang telah diusulkan akan dibatalkan dan tidak boleh langsung bergabung grup lain yang sudah berjalan tanpa persetujuan Koordinator Tugas Akhir.
  7. Apabila dalam pelaksanaan tugas akhir ternyata diperlukan perubahan judul/bahan baku/proses yang dipakai, maka perubahan tersebut harus diajukan ke Koordinator Tugas akhir dan telah disetujui oleh kedua dosen pembimbing dengan mengisi formulir perubahan judul/bahan baku/proses (form TA-04)
  8. Jika ada kasus khusus, kasus tersebut akan dibicarakan dalam rapat Program Studi dengan kemungkinan sangsi ganti judul atau ganti kelompok.
  9. Apabila akan sidang mahasiswa menyerahkan naskah tugas akhir yang telah ditandatangani lembar pengesahannya oleh dosen pembimbing, dijilid “soft cover” sebanyak 4 (empat) eksemplar (3 untuk penguji, 1 untuk Ketua Sidang) dan diserahkan ke bagian Tata Usaha selambat-lambatnya 1 (satu) minggu sebelum Sidang Tugas akhir dilaksanakan.
ALOKASI WAKTU (BULAN)
011.52.50.520.511
JudulKapasitas produksiAlur proses produksi & kondisi operasiNMEUtilitasDimensi alatAnalisa K3 dan pengendalian prosesAnalisa ekonomiPenyusunan Laporan
Subscribe
Newsletter