• Hubungi kami: (021) 7561092
  • prodi.tk@iti.ac.id

TEKNIK KIMIA adalah disiplin ilmu yang mempelajari cara-cara menerapkan hukum-hukum kimia dan fisika kedalam perencanaan, pembangunan, pelaksanaan operasi dari pabrik-pabrik yang mengolah bahan baku menjadi berbagai produk secara ekonomis. Atau secara lengkapnya seorang mahasiswa Teknik Kimia dipersiapkan untuk dapat merencanakan dan merancang alat-alat proses, mengoperasikan, mengendalikan dan memelihara pabrik / industri, mengkontruksi pendirian suatu pabrik (dalam batas batas tertentu) mengadakan penelitian dan pengembangan proses, dan merencanakan serta memanajemen penjualan dan pelayanan. Mahasiswa prodi Teknik Kimia ITI juga akanĀ mempelajari bagaimana mengoperasikan, mengendalikan dan memelihara proses dan alat-alat kimia tersebut. Dengan bekalĀ ilmu-ilmu tersebut, para lulusan program studi Teknik Kimia ITI dapat bekerja di berbagai jenis industri kimia seperti, industri hulu dan hilir perminyakan dan gas alam, industri engineering, procurement and construction (EPC), industri bahan kimia, industri polimer, industri semen, industri makanan, dan lain-lain. Mahasiswa Teknik Kimia ITI juga akan mempelajari cara melakukan sebuah penelitian ilmiah sehingga lulusan program ini juga bisa memiliki pilihan untuk menapaki karir sebagai peneliti di berbagai lembaga penelitian di Indonesia. Mahasiswa Teknik Kimia ITI juga diajarkan dasar-dasar kewirausahaan dan memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan kewirausahaan. Dengan demikian para lulusan juga telah memiliki bekal untuk bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

LABORATORIUM

Prodi Teknik Kimia ITI memiliki 6 laboratorium yang difungsikan sebagai fasilitas untuk praktikum maupun penelitian mahasiswa

Lab. Konversi Kimia dan Termo Kimia

Laboratorium Konversi Elektrokimia dan Termokimia digunakan untuk tempat kegiatan praktikum kimia fisika serta tempat riset untuk bidang peminatan teknologi material polimer dan membran. Untuk kegiatan praktikum kimia fisika dilakukan pada semester 3 dengan 7 modul yaitu kesetimbangan uap cair biner, penurunan titik beku, kinetika reaksi, penentuan berat polimer, isoterm adsorbsi, viskositas sebagai fungsi temperatur, dan distribusi solut. Untuk proses riset material polimer dan membran dilengkapi dengan separangkat alat Atom Transfer Radical Polymerization (ATRP), HAAKE Polyblend, Viscometer Thermo, Separator Membrane untuk pemurnian alkohol, dll.

Lab. Pemisahan dan Pemurnian

Laboratorium Pemisahan dan Pemurnian digunakan untuk tempat kegiatan praktikum kimia organik serta tempat riset untuk bidang peminatan teknologi bahan alam. Untuk kegiatan praktikum kimia organik dilakukan pada semester 2 dengan 8 modul yakni Sintesis Iodoform dari aceton, Sintesis Sikloheksana dari Sikloheksanol, Sintesis Etil Ester, Penentuan Gugus Fungsi, Isolasi Pati, Isolasi Protein, Analisa Kadar Lemak Metode Ekstrasi Destilasi dan Penentuan Bilangan Penyabunan. Untuk proses riset pemisahan dan pemurnian dilengkapi dengan separangkat alat ekstraksi sokhlet dan destilasi panas serta rotary evaporator.

Lab. Teknologi dan Rekayasa Industri

Laboratorium Teknologi dan Rekayasa Industri dipusatkan sebagai tempat riset berbasis software dan tugas akhir pra rancangan pabrik kimia yang dilengkapi dengan software Unisim Design, Promax, KG Tower dan HTRI secara terintegrasi dengan sistem Local Area Network (LAN).

Lab. Dasar Teknik Kimia

Laboratorium Dasar Teknik Kimia digunakan untuk praktikum kimia analisis dengan 8 modul pengujian yakni Analisis Chemical oxygen Demend (COD), Analisis Total Organic Matter (TOM), Analisis Dissolved Oxygen (DO), Analisis Thin Layer Chromatography (TLC), Analisis Alkalinitas, Analisis Kadar Vitamin C, Analisis Kadar Cl metode Argentometri, Analisa Logam Metode Spektrofotometri. Sedangkan kegiatan riset untuk analisis sampel hasil riset dilengkapi dengan alat Gas Cromatography (GC) Shimadzhu GC-2010, Spektrofotometri UV-VIS Shimadzhu, dan Spektrokopi Infra Merah Shimadzhu.

Lab. Teknologi Lingkungan

Laboratorium Teknologi Lingkungan dan Energi dipusatkan sebagai tempat riset untuk bidang peminatan teknologi lingkungan dan bidang energi. Untuk proses riset bidang energi dilengkapi dengan seperangkat alat reaktor buble column, rotary evaporator, alat mixer abu batu bara, alat fuel cell, dll. Sedangkan untuk riset bidang lingkungan dilengkapi dengan seperangkat alat ozonasi, alat aerobic digester, alat anaerobic digester, alat fotokalatis, dll. Kegiatan riset dilakukan pada semester 6 sesuai dengan bidang peminatan masing-masing mahasiswa.

Lab. Teknologi dan Rekayasa Material

Lab

Laboratorium Teknologi dan Rekayasa Material dipusatkan untuk kegiatan praktikum operasi teknik kimia I pada semester 5 dan operasi teknik kimia II pada semester 6 yang terletak di lantai dasar gedung F. Dilengkapi dengan alat peraga seperti alat Heat Exchanger, alat Ion Exchange, seperangkat alat mixing, seperangkat alat sedimentasi dan alat sirkuit fluida untuk praktikum operasi teknik kimia I. Sedangkan alat peraga untuk praktikum operasi teknik kimia II seperti alat Rotary dry, Seperangkat alat Dinamika Proses, alat Filter press, alat Fluidized bed, alat Wetted Water Column, dan alat aerasi.

SOFTWARE

Prodi Teknik Kimia ITI memiliki 4 software berlisensi yang dapat menunjang pengayaan materi beberapa mata kuliah serta dapat membantu mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir prarancangan pabrik

ProMax(R) dari Bryan Research and Engineering. Software yang unggul untuk memodelkan proses-proses kimia yang melibatkan senyawa amine dan sulfur seperti gas sweetening unit. Software ini menunjang penelitian mahasiswa Prodi TK yang berbasis simulasi

HTRI dari Heat Transfer Research, Inc. Software untuk merancang dimensi HE atau untuk mengevaluasi dimensi HE yang telah dirancang secara manual. Software ini menunjang mata kuliah Perancangan Alat Proses serta membantu penyelesaian tugas akhir prarancangan pabrik.

KG Tower dari Koch-Glitsch. Software untuk mengevaluasi dimensi kolom distilasi atau absorber yang telah dirancang secara manual. Software ini menunjang mata kuliah Operasi Teknik Kimia 2 serta membantu penyelesaian tugas akhir prarancangan pabrik.

UniSim(R) Design dari Honeywell. Software untuk memodelkan proses kimia terutama yang berbasis minyak bumi dan gas. Dengan menggunakan software ini mahasiswa dapat lebih memahami pengaruh perubahan kondisi operasi (temperatur, tekanan, laju alir, dan komposisi) terhadap konsumsi energi ataupun spesifikasi produk. Software ini menunjang pengayaan materi beberapa mata kuliah seperti OTK 1, OTK2, Perancangan Alat Proses, Pengendalian Proses serta membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir prarancangan pabrik.

Subscribe
Newsletter