Kerjasama

PT Bukit Muria Jaya

Program studi Teknik Kimia ITI menjalin kerjasama dengan PT Bukit Muria Jaya, perusahaan yang bergerak di bidang supplier kertas untuk berbagai industri di dunia. Manfaat dari kerjasama ini antara lain yaitu PT Bukit Muria Jaya (BMJ) mengakomodir kerja praktek, magang dan training/ retooling untuk mahasiswa. PT BMJ juga sangat terbuka dalam hal kerjasama penelitian dan pemberian bantuan pendidikan dan kemahasiswaan dan pelatihan dibidang kertas. Melalui komando Dr. Aniek Sri Handayani, prodi Teknik Kimia ITI bekerja sama dengan PT BMJ dalam kegiatan penelitian produksi material sizing kertas menggunakan MFC berbasis serat tandan kosong kelapa sawit (TKKS) sebagai bahan baku.

PT Kirana Mitra Abadi

PT Kirana Mitra Abadi adalah perusahaan Indonesia yang memproduksi petroleum wax, base oil dan turunannya. Program studi Teknik Kimia ITI secara rutin mengirimkan beberapa mahasiswa untuk melaksanakan kerja praktek di perusahaan tersebut. PT Kirana Mitra Abadi juga membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi prodi Teknik Kimia untuk menjalin kerjasama penelitian terutama dalam bidang yang berkaitan dengan petroleum wax.

PT Dynapack Indonesia

PT Dynapack Indonesia adalah produsen kemasan kaku dan plastik yang melayani Pasar Asia Tenggara & Cina. Perusahaan ini membuat kemasan untuk produk sehari-hari dan merupakan perusahaan plastik dan kemasan yang terkemuka di Asia tenggara. Program studi Teknik Kimia ITI telah membangun kerjasama dengan PT Dynapack Indonesia dalam hal program pembelajaran, kerja praktek, penelitian, magang dan beasiswa. PSTK-ITI telah mengirimkan beberapa dosen untuk melakukan pelatihan tentang injection molding di PTP Dynapack Indonesia. Kerjasama ini masih dilanjutkan dengan penelitian bersama yang difokuskan pada topik aplikasi plastik berbasis serat alam untuk menghasilkan produk seperti kemasan atau komponen produk otomotif.

Departemen Teknik Metalurgi dan Material FTUI

Program studi Teknik Kimia ITI bersama Departemen Teknik Metalurgi dan Material FTUI mendirikan konsorsium penelitian dengan fokus riset pengembangan material polimer plastik berbasis serat alam. Beberapa manfaat dari kerjasama ini antara lain adalah pemakaian fasilitas bersama, publikasi ilmiah, serta adanya kesempatan untuk hilirisasi produk-produk penelitian.

Subscribe
Newsletter