IPTEK bagi Wilayah Kota Tangerang Selatan 2016

Program IPTEK bagi Wilayah kota Tangerang Selatan 2014-2016 disusun bersama tiga pihak yaitu: LP3M-Prodi Teknik Industri ITI sebagai pengusul, LPPM Untirta sebagai perguruan tinggi mitra dan Pemkot Tangerang Selatan sebagai wilayah sasaran program. Keluaran pada tahun pertama dan kedua difokuskan pada sasaran kerjasama melalui sanding program dengan Dinas Pertanian/ikon Tangerang Selatan, melalui berbagai aktivitas bersama antara lain: 1) pendampingan teknologi proses pasca panen untuk meningkatkan ketahanan tingkat kesegaran bunga potong dari rata-rata 10 hari menjadi 25 hari, 2) pendampingan penyusunan data base, 3) pembuatan WEB dan pemasaran melalui e-commerce, serta 4) melakukan berbagai program bersama untuk mengangkat citra, popularitas bunga anggrek sehingga permintaan dan nilai jual meningkat antara lain melalui program Edu Wisata Anggrek, dan Pameran Pembangunan.

Selain dengan DPKP, Tim Program IbW juga merintis sanding program dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Balai Inkubator Teknologi (BIT) dan Biotek BPPT untuk menumbuhkan, meningkatkan IKM yang ada menjadi IKM yang lebih produktif, inovatif dan berdaya saing.

Tahun ketiga difokuskan pada efektivitas pemanfaatan Rumah Pintar IPTEK bagi Wilayah Tangerang Selatan. Program yang dicanangkan antara lain memberikan pelatihan dan pendampingan usaha untuk menghasilkan nilai tambah pada program pengembangan Kompetensi Inti Industri Daerah (KIID) dan produk unggulan daerah dengan fokus utama industri kreatif berbasis anggrek sebagai produk unggulan daerah. Selain itu program yang diunggulkan adalah IKM inovatif guna mendukung potensi wisata kuliner, perdagangan dan jasa, serta menciptakan lingkungan yang asri dengan mengatasi masalah sampah kota.

Sanding program IbW dengan DPKP dan Dinas Perindustrian telah mendorong percepatan implementasi berbagai program guna mendorong produktivitas anggrek sebagai komoditas unggulan yang akan dijadikan sebagai basis kompetensi inti industri kota Tangerang Selatan

Konsep Rumah Pintar IPTEK bagi Wilayah Kota Tangerang Selatan dengan fasilitas Kebun Contoh Budidaya Anggrek Terpadu dengan produksi pupuk dan penanganan pasca panen sudah dikembangkan. Sarana ini dibangun untuk koordinasi lintas instansi, masyarakat, praktek lapangan guna menjaga keberlanjutan program pasca proyek hibah tahun 2016. Koordinasi pemanfaatan Rumah Pintar, pada saat program dilakukan oleh Tim Pengelola IbW, dan pasca program oleh prodi Teknik Industri di bawah pengelolaan LP3M ITI, yang melibatkan para relawan Rumah Pintar IbW Tangerang Selatan.

Subscribe
Newsletter